Cara Lapor Mobil Sudah Dijual

Cara Lapor Mobil Sudah Dijual – Ilustrasi Cara blokir STNK online cukup mudah karena tidak perlu datang ke kantor Samsat. (Foto: /Muhammad Ikhsan)

Anda perlu mengetahui cara pemblokiran Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) ketika kendaraan sudah dijual kepada orang lain. Salah satu cara memblokir STNK yang sudah terjual bisa dilakukan secara online.

Cara Lapor Mobil Sudah Dijual

Jika Anda tidak memblokir STNK, pemerintah setempat mungkin akan menawarkan pajak progresif saat Anda mendapatkan kendaraan baru. Pajak progresif merupakan pajak yang wajib dibayar oleh masyarakat yang memiliki lebih dari satu kendaraan.

Langkah Melakukan Blokir Stnk Secara Online Setelah Jual Kendaraan

Besaran pajak kendaraan kedua dan seterusnya akan lebih tinggi dibandingkan pajak kendaraan pertama. Lalu bagaimana cara blokir STNK online?

Cara blokir STNK online cukup mudah karena tidak perlu datang ke kantor Samsat. Namun pemblokiran STNK online di setiap daerah mempunyai caranya masing-masing.

Salah satu daerah yang menerapkan pemblokiran online adalah DKI Jakarta. Berikut langkah-langkah blokir STNK online yang mengacu pada Instagram Humas Pajak Jakarta.

Setelah itu, status lock akan dikirimkan melalui email atau terlihat pada kolom PKB. Jika masih belum ada keluhan, Anda dapat menghubungi layanan Hallo Pajak Jakarta di 1500177.

Dua Keuntungan Blokir Kendaraan Yang Telah Dijual

Jika data di atas kurang lengkap, Anda perlu datang ke kantor Samsat untuk mengurusnya. Jangan lupa membawa KTP asli sesuai nama pemilik kendaraan, STNK, Kartu Keluarga, stempel dan stempel surat kuasa, jika dikuasakan. JAKARTA, KOMPAS.com – Pemblokiran identitas pada Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) kendaraan bermotor. kendaraan yang sudah dijual atau berpindah tangan kini bisa dilakukan

Namun layanan ini hanya bisa digunakan oleh kendaraan yang terdaftar di wilayah DKI Jakarta. Untuk itu, Anda bisa mengaksesnya melalui website https://pajakonline.jakarta.go.id.

“Kami bekerja sama dengan Badan Pajak dan Remunerasi Daerah (BPRD) DKI Jakarta agar seluruh layanan bisa diakses dan terkoneksi dengan mudah dan cepat. Sekarang sudah bisa digunakan,” ujarnya

Menurut Kepala Cabang Pengembangan Sistem Informasi BPRD DKI Jakarta Zidni Apriya, layanan yang dihadirkan dalam website tersebut sangat beragam. Mulai dari urusan terkait pajak perhotelan, restoran, hiburan, parkir, tol, penerangan umum, hingga pajak kendaraan bermotor.

Apa Itu Pajak Progresif Kendaraan Bermotor Dan Cara Menghitungnya

“Untuk bisa mengaksesnya, wajib pajak harus mendaftar terlebih dahulu. Kemudian, pastikan NIK (Nomor Induk Kependudukan) yang didaftarkan sesuai atau sama dengan berbagai kegiatan yang ditujukan untuk pendaftaran,” ujarnya.

Dermaga. Pajak Samsat Progresif dikenakan terhadap dua kendaraan atau lebih dengan nama pemilik yang sama di STNK dan BPKB.

Misalnya, Anda perlu mengajukan permohonan lapor penjualan kendaraan atau memblokir pajak kendaraan karena sudah berpindah tangan. Jadi, kata dia, NIK yang didaftarkan di situs tersebut harus sesuai dengan identitas kendaraan yang bersangkutan.

See also  Perut Selalu Perih Dan Lapar

Yang jelas, nomor identitas yang tertera pada Kartu Tanda Penduduk (KTP) saat pendaftaran harus sama dengan nomor atau NIK STNK.

Tiga Langkah Blokir Stnk Secara “online”

Pastikan juga kendaraannya terdaftar di wilayah DKI Jakarta. Setelah itu, semua data akan otomatis masuk ke menu PKB. Jika belum, harap menunggu beberapa saat, kata Zidni.

Kemudian pilih menu pelayanan pada halaman Pajak Kendaraan Bermotor. Kemudian klik pada jenis layanan dan pilih Permintaan Laporan Penjualan.

Klik ‘Kirim Laporan Penjualan’. Nanti akan diminta konfirmasi, isi. Kendaraan akan dikunci maksimal 2×24 jam. Jika ada kendala bisa menghubungi

Pertama, pemilik kendaraan harus mendaftar di situs resmi yang disediakan. Kemudian pada halaman pendaftaran, masukkan Nomor Induk Kependudukan (NIK) Pribadi atau Nomor Induk Fiskal (NPWP) badan usaha.

Cara Lapor Jual Kendaraan Online Jakarta Lewat Hp Atau Laptop

Dengarkan berita terkini dan pilihan berita kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp Kompas.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda sudah menginstal aplikasi WhatsApp JAKARTA, KOMPAS.com – Pemblokiran Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) atau pelaporan kendaraan untuk dijual wajib dilakukan oleh pemilik kendaraan yang menjual kendaraannya atau sudah tidak memilikinya.

Laporan penjualan mobil tersebut dilakukan agar nantinya jika pemilik ingin membeli mobil baru, ia terhindar dari pajak kepemilikan mobil progresif.

Untuk pemblokiran STNK, pemilik kendaraan bisa langsung mendatangi Kantor Pelayanan Sistem Terpadu Satu Pintu (Samsat) di wilayahnya masing-masing.

Ada syarat yang harus dipenuhi untuk membuat laporan pajak atau memblokir STNK. Syarat-syarat yang harus dipenuhi antara lain:

Badan Pendapatan Daerah Provinsi Dki Jakarta

Namun bagi Wajib Pajak yang tidak sempat mendatangi kantor Samsat, saat ini proses pemblokiran STNK dapat dilakukan secara online melalui https://pajakonline.jakarta.go.id.

Humas Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) DKI Jakarta Herlina Ayu menjelaskan, untuk pemblokiran STNK pemilik kendaraan lama bisa dilakukan secara online.

Nantinya Anda bisa membuka website pajak online Jakarta dan kemudian melakukan registrasi sesuai Nomor Induk Kependudukan (NIK) yang akan langsung tersinkronisasi dengan data kendaraan Anda, kata Herlina.

Setelah mendaftar di website menggunakan NIK yang tertera pada STNK kendaraan yang akan diblokir, akan muncul data terkait kendaraan tersebut.

Kenapa Kita Masih Harus Lapor Pajak? Begini Cara Lapor Pajak Online

Periksa apakah data yang dimasukkan sudah memadai dan benar. Setelah dilakukan pengecekan dan konfirmasi bahwa data tersebut merupakan data kendaraan yang akan dikomunikasikan untuk dijual, maka langkah selanjutnya adalah melakukan pemblokiran.

Silakan tunggu beberapa saat, maka laporan kunci plat kendaraan akan muncul di layar monitor atau akan dikirimkan melalui email sesuai tanggal yang pertama kali dimasukkan.

Setelah membeli kendaraan bekas seperti sepeda motor atau mobil, sebaiknya segera dilakukan proses pergantian nama. Sebab, status kepemilikan kendaraan bekas yang dibeli masih atas nama pemilik sebelumnya.

See also  Slot Pakai Pulsa Tanpa Potongan

Dengan adanya pergantian nama menjadi pemilik baru, segala prosedur administrasi seperti pembayaran pajak kendaraan tahunan akan lebih mudah karena tidak perlu meminjam KTP pemilik sebelumnya.

Cara Blokir Stnk Motor Dan Mobil Yang Sudah Dijual

Namun terkadang ada kasus dimana nomor registrasi kendaraan (STNK) hilang sebelum proses pergantian nama dilakukan. Padahal, STNK menjadi salah satu dokumen yang harus ditunjukkan sebagai syarat perubahan nama.

Ada pula transaksi jual beli kendaraan yang tidak memiliki STNK. Pada umumnya kendaraan bekas tanpa surat lengkap jenis ini lebih murah karena memberikan kompensasi kepada pembeli atas pengurusan STNK yang hilang.

Untuk melakukan proses ganti nama tanpa STNK, hal pertama yang perlu dilakukan adalah mengajukan permohonan surat kehilangan dari kepolisian ke kepolisian daerah.

Surat kehilangan ini berfungsi sebagai pemblokir data STNK lama yang hilang. Pemblokiran ini bertujuan agar tidak terjadi duplikasi identitas jika ditemukan STNK lama. Artinya STNK yang dilaporkan hilang dinyatakan tidak berlaku.

Mobil Dijual Tanpa Lapor Leasing, Polis Asuransi Berakhir

Dokumen lain yang perlu disiapkan sama seperti pada proses transfer nama umum, yaitu BPKB asli dan fotokopinya, KTP pemilik baru, kwitansi pembelian kendaraan bermaterai Rp 10.000, serta bukti fisik tulisan. . . verifikasi kendaraan yang bersangkutan dilakukan di Samsat.

Setelah mengurus pergantian nama STNK, membayar pajak kendaraan dan mendapatkan STNK atas nama pemilik baru, langkah selanjutnya adalah mengganti nama BPKB.

Dengan STNK baru, proses pergantian nama BPKB tidak lagi memerlukan STNK lama atau surat kehilangan dari kepolisian.

Pemohon cukup menyiapkan berkas berupa fotokopi STNK baru, BPKB lama beserta fotokopinya, fotokopi KTP, fotokopi bukti fisik verifikasi yang dilegalisir, dan fotokopi kendaraan yang bersangkutan. Struk pembelian.

Cara Blokir Pajak Kendaraan Yang Sudah Dijual

Dengarkan berita terkini dan pilihan berita kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp Kompas.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp. Hal ini menyusul rencana Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo yang fokus menangani pelanggaran lalu lintas secara elektronik.

Dengan demikian, ke depan polisi tidak lagi menerima bukti pelanggaran (tilang), melainkan surat konfirmasi yang dikirimkan sesuai data kendaraan.

Meski demikian, penerapan tilang elektronik tidak menutup kemungkinan terjadinya penyesatan. Selain disebabkan oleh pengemudi yang menggunakan plat nomor palsu atau karena kendaraan berpindah tangan.

Bagi kendaraan yang berpindah tangan namun tidak berganti nama, otomatis data kepolisian tetap atas nama pemilik sebelumnya.

Blokir Stnk Di Samsat Keliling: Syarat, Prosedur, Dan Biaya

Oleh karena itu, jika sewaktu-waktu pemilik baru kendaraannya melakukan pelanggaran, surat konfirmasi tetap dikirimkan ke alamat pemilik yang ada di data.

Humas Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) DKI Jakarta Herlina Ayu menjelaskan, kendaraan bermotor yang dijual atau berpindah tangan harus segera dilaporkan ke Bapenda.

See also  English Language Teaching Methods Pdf

“Dengan melaporkan kendaraan yang telah terjual, Anda dapat menghindari hal-hal yang tidak diinginkan seperti pajak progresif atau seperti yang Anda katakan (tiket elektronik),” kata Herlina.

Ketika Bapenda mengetahui ada kendaraan yang terjual, Herlina menambahkan, kepemilikan kendaraan tersebut tidak lagi otomatis atas nama pemilik pertama.

Bagaimana Menyampaikan Pengaduan Konsumen?

“Misalnya A melaporkan penjualan, maka sistem kami akan memberikan informasi bahwa kendaraan tersebut telah terjual (A akan menghindari pajak progresif dan sebagainya,” ujarnya.

Sedangkan jika kendaraannya belum dilaporkan dan mendapat surat konfirmasi tilang elektronik, pemilik kendaraan lama dapat memberikan informasi kepada polisi.

“Dengan mengkonfirmasi dan memberikan informasi mengenai pengemudi baru tersebut, Anda telah berkontribusi dalam upaya pengaturan kepemilikan kendaraan. Dalam skenario terburuk, ketika kendaraan tersebut digunakan untuk kegiatan kriminal, maka Anda telah membantu memfasilitasi penyidikan. ” tulis di halaman web.

Dengarkan berita terkini dan pilihan berita kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp Kompas.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal WhatsApp. Badan Pajak dan Remunerasi Daerah (BPRD) DKI Jakarta bersama Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Metro Jaya resmi menerapkan layanan kunci pajak kendaraan online.

Tips Cara Blokir Data Motor Yang Telah Terjual . . . Agar Nggak Kebobolan Saat Pajak Progresif

Dengan layanan ini, masyarakat DKI Jakarta tidak perlu lagi mendatangi Samsat untuk melaporkan atau memblokir identitas kendaraan yang dijual.

“Oleh karena itu pajaknya bisa diblokir tanpa harus ke Samsat. Hal ini memudahkan masyarakat untuk melaporkan kendaraan yang mungkin dimiliki atau ingin berpindah tangan sehingga tidak dikenakan pajak progresif,” kata Mulyo Sasongko, Kepala Departemen Umum. . Hubungan oleh BPRD DKI Jakarta.

Selanjutnya pada halaman pendaftaran, masukkan Nomor Induk Kependudukan (NIK) pribadi atau Nomor Induk Fiskal (NPWP) badan usaha.

Objek pajak yang muncul pada pajak online adalah objek pajak yang pada database BPRD DKI Jakarta telah terisi NIK atau NPWP wajib pajak.

Ingin Beli Mobil Atau Motor? Waspadai Soal Pajak Progresif

Mulai dari urusan hotel, restoran, hiburan, biaya parkir, biaya penerangan jalan, bahkan pajak kendaraan.

Lebih mudahnya lagi, layanan pelaporan penjualan kendaraan online hanya dengan sekali klik dari sepeda motor progresif bebas pajak.

Cara cek kendaraan sudah lapor jual, cara blokir bpkb mobil yang sudah dijual, cara lapor kendaraan sudah dijual, cara mengetahui mobil sudah lapor jual, cara lapor spt yang sudah tidak bekerja, cara cek mobil sudah lapor jual, cara lapor pajak bagi yang sudah tidak bekerja, lapor kendaraan sudah dijual, cara lapor pajak yang sudah dibayar, lapor mobil sudah dijual, cara cek mobil lapor jual, cara lapor mobil yang sudah dijual

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *